Fitrah Agama Pada Balita

Fitrah Agama Pada Balita

Pendidkan dan kematangan jiwa terhadap nilai/fitrah agama pada anak sangat diperlukan dalam era globalisasi ini. Tantangan berat akan dihadapi mereka di masa depannya. Oleh karena itu penting buat kita para pendidik (Orang tua dan guru) membekali mereka pendidikan formal dan nilai-nilai Agama serta nilai-nilai normative yang berlaku di masyarakat.Menurut Ustadz Yusuf Qordowi, ilmu pengetahuan diklasifikasikan menjadi 2 yang utama, yaitu :

  1. Fardu ’ain, Segala macam ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pembinaan watak seseorang berkaitan hubungan-nya denagn Allah SWT dan manusia. Misalnya : aqidah, sholat, shaum, dan do’a.
  2. Fardu kifayah, Berbagai macam ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dalam kehidupan dan membangun umat. Misalnya : ekonomi, politik, dan kesehatan.

Pada saat kita sulit mencari figur pendidik yang baik, sehingga terjadi degradasi moral, meningkatnya perbuatan amoral, dan lain sebagainya, maka salah satu cara untuk mempersiapakan anak-anak kita adalah dengan memfungsikan kembali rumah sebagai Madrasah al’ula, keluarga kita harus jadikan kembali sebagai tempat melahirkan dan mencetak pribadi muslim yang memiliki karakter baik. Tugas orang tua yang pertama pada Balita adalah, memberikan pedidikan iman.

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Agama dan Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s